Upgrade dari Windows XP ke Windows Vista

Mengupgrade sebuah komputer dari Windows XP ke Windows Vista bisa menjadi sebuah transisi yang halus dengan persiapan yang tepat. Anda perlu memastikan dulu bahwa komputer mampu menjalankan Windows Vista. Cara termudah untuk melakukannya adalah menggunakan Windows Vista Upgrade Advisor, yang juga akan memberikan aksi-aksi yang harus Anda lakukan sebelum upgrade.

 

Jalankan Windows Vista Upgrade Advisor

Langkah paling awal yang harus Anda lakukan sebelum mengupgrade sebuah komputer yang menjalankan Windows XP ke Windows Vista adalah menjalankan Windows Vista Upgrade Advisor. Windows Vista Upgrade Advisor memindai sebuah komputer dan kemudian memberi Anda sebuah laporan yang mudah dibaca yang memuat informasi berikut:

Apakah sebuah komputer yang menjalankan Windows XP siap untuk diupgrade ke Windows Vista
Apakah sebuah komputer yang menjalankan Windows Vista siap diupgrade ke edisi Windows Vista yang lebih canggih
Edisi Windows Vista mana yang paling cocok untuk komputer
itur-fitur dari Windows Vista mana yang akan dapat dijalankan pada komputer
Update perangkat keras mana yang perlu diinstal dan menjalankan edisi dan fitur Windows Vista yang sesuai
Segala aplikasi yang telah diinstal pada komputer yang mungkin mengalami masalah kompatibilitas dengan Windows Vista dan merekomendasikan cara-cara untuk mengatasi masalah tersebut

Windows Vista Upgrade Advisor bahkan memberikan sebuah daftar tugas dengan aksi-aksi yang harus Anda lakukan sebelum mengupgrade ke Windows Vista, termasuk program dan driver perangkat keras mana yang perlu diupdate dan mana yang tidak kompatibel dengan Windows Vista dan mana yang perlu disingkirkan.

Update Komponen Sistem

Jika Windows Vista Upgrade Advisor mendeteksi sebuah komponen dasar perangkat lunak pada komputer, seperti sebuah kartu video atau memori, yang tidak memenuhi kebutuhan minimum untuk menjalankan Windows Vista, Anda perlu menggantu komponen tersebut sebelum upgrade ke Windows Vista. Cari logo Certified for Windows Vista pada perangkat baru untuk memastukan bahwa produk tersebut telah diuji untuk bekerja dengan Windows Vista. Anda dapat mengujungi Windows Marketplace untuk membeli produk-produk bersertifikasi.

 

Update Piranti atau Driver Perangkat Keras

Jika Windows Vista Upgrade Advisor mendapati bahwa sudah ada driver perangkat keras untuk seluruh komponen perangkat keras yang tertempel pada komputer Anda, maka tidak ada yang perlu Anda khawatirkan. Jika Windows Vista Upgrade Advisor mendeteksi sebuah perangkat yang belum memiliki driver perangkat keras, laporan akan memberitahu Anda apakah driver tersedia dari Windows Update atau jika Anda perlu mengunduhnya dari situ Web pembuat perangkat tersebut. Jika tidak ada driver untuk perangkat tersebut yang kompatibel dengan Windows Vista, Anda harus memutuskannya selama upgrade dan mengganti perangkat tersebut dengan perangkat yang kompatibel dengan Windows Vista atau menunggu pembuat perangkat menyediakan driver perangkat yang kompatibel dengan Windows Vista.

 

Update atau Ganti Program

Jika Windows Vista Upgrade Advisor mendeteksi sebuah program yang diinstal tidak kompatibel dengan Windows Vista, laporan akan memberitahu Anda tindakan yang harus Anda lakukan. Kadangkala, sebuah update untuk program tersedia dari situs Web produsennya. Kadangkala, Anda perlu membeli versi baru dari program tersebut. Jika tidak tersedia versi program yang kompatibel dengan Windows Vista, Anda harus uninstall program tersebut sebelum mengupgrade ke Windows Vista dan menggantikannya dengan sebuah program yang kompatibel dengan Windows Vista setelah upgrade selesai.

Dalam banyak kasus, perangkat lunak keamanan (seperti program anti-spyware dan antivirus) dan beberapa perangkat lunak utilitas disk (seperti beberapa program defragmentasi disk) yang ditulis untuk Windows versi sebelumnya tidak kompatibel dengan Windows Vista dah harus di-uninstalled sebelum upgrade

Backup Komputer Anda

Sebelum mengupgrade komputer Anda ke Windows Vista atau sebelum melakukan perubahan mayor sistem, Anda harus selalu mencadangkan data pengguna yang penting ke sebuah lokasi yang aman dan terpercaya.ersedia Bantuan Profesional

Jika Anda mendapat masalah pada saat menginstal Windows Vista SP1, Microsoft menyediakan bantuan untuk masalah-masalah instalasi melalui e-mail, chat, atau telepon bebas pulsa sampai dengan 18 Maret 2009. Jika Anda mengupgrade sebuah komputer berbasis Windows XP ke Windows Vista dengan SP1, Anda akan mendapatkan dukungan cuma-cuma selama 90 hari.

Jika Anda ingin sistem Anda dinilai dan dipersiapkan secara profesional untuk Windows Vista atau sistem Office 2007, Anda dapat menghubungi seorang Microsoft IT Specialist. Mereka memiliki perangkat dan pelatihan yang tepat untuk menyediakan layanan ini dengan cepat.

Sumber : http://www.microsoft.com/…/vista-upgrading-from-windows-xp.mspx

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: