Deposit and Liability Management

Secara umum dapat diartikan bahwa Deposit and Liability Management adalah usaha untuk mendapatkan dana untuk memenuhi kebutuhan operasional bank, baik melalui penghimpunan dana pihak ketiga (masyarakat), dana pihak kedua yang dapat dihimpun melalui pasar uang atau pasar modal maupun yang berasal dari Pihak Pertama (pemilik) melalui Pasar Modal. (Slamet Riyadi, 2003:73).

Beberapa hal penting  yang menjadi inti dari Deposit and Liability Management adalah :

Jenis sumber dana dan kepemilikan

Jenis sumber dana (passiva) berdasarkan kepemilikannya dapat dibedakan menjadi Dana Pihak Pertama, Dana Pihak Kedua dan Dana Pihak Pertama (Modal). Berdasarkan hal tersebut dapat dipelajari sifat masing-masing kelompok dan bagaimana strategi untuk meningkatkan penghimpunan dana tersebut.

Biaya Dana dan Cost of Funds

Biaya dana menurut Imam Rusyamsi (1999:93) adalah biaya yang dikeluarkan oleh bank untuk mendapatkan sejumlah dana yang dikumpulkan (interest expense) sedangkan Cost of Funds adalah biaya yang dikeluarkan terhadap jumlah dana yang dikumpulkan dan dihitung dalam persen pertahun.

Tinggi rendahnya biaya dana atau Cost of Funds akan sangat dipengaruhi oleh bebrapa hal yaitu : (a). Legal Reserve Requirement (LRR/GWM), (b). Besarnya kas yang wajib dipelihara oleh bank, (c). Tingkat bunga, (d). Struktur Dana yang dhimpun, (e). Tempat bank beroperasi, (f). Kinerja bank. (Slamet Riyadi, 2003:103).

Secara matriks ilustrasi perhitungan Cost of Funds dapat disajikan sebagai berikut :

Biaya Dana dan Rata-Rata Tertimbang COF

Dalam menghitung besarnya Biaya Dana atau Cost of Funds terdapat beberapa konsep yang dianut oleh bank, diantaranya adalah sebagai berikut :

Historical Average Cost Methode

Historical Average atau sering juga disebut Blended Cost Of Funds adalah metode yang menghitung Cost of Funds berdasarkan rata-rata tertimbang biaya dana yang telah dibayarkan terhadap rata-rata jumlah dana dalam beberapa periode.

Marginal Cost of Spesific Sources of Funding

Adalah metode yang menghitung Cost of Funds berdasarkan biaya dana yang telah dibayarkan terhadap rata-rata jumlah dana tertentu misalnya deposito 1 bulan, deposito 3 bulan atau lainnya). Ide dasar yang melandasi pemikiran metode ini adalah bahwa dalam penggunaan dana kemungkinan termudah adalah mencari dana tertentu dan juga dapat mengeliminir risiko gap.

Wighthed Average Expected Cost of All Sourcess as a Proxy for Marginal Cost .

Adalah metode yang menghitung Cost of Funds berdasarkan biaya dana yang telah dibayarkan terhadap rata-rata jumlah dana tertentu.

SUMBER : http://bankirnews.com/index.php?option=com_content&view=article&id=613:deposit-and-liability-management-&catid=70:alma&Itemid=103

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: