SISTEM INFORMASI GENERAL LEDGER UNTUK KOPERASI PRODUK PT.PLN (Persero) PROYEK INDUK PEMBANGKIT DAN JARINGAN SUMUT, ACEH & RIAU

PT. PLN ( Persero ) Proyek Induk Pembangkit dan Jaringan Sumatera Utara, Aceh dan Riau sebagai perusahaan negara bertekad untuk meningkatkan pelayanan dalam menjamin penyediaan tenaga listrik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Selain mampu menyediakan tenaga listrik tersebut, dalam penerapan yang sebenarnya di lapangan pihak perusahaan juga harus mampu melakukan pengolahan berbagai informasi perusahaan yang berhubungan langsung dengan penyediaan listrik tersebut, mulai dari pelaksanaan pembangunan pembangkit dan jaringan hingga bentuk pelayanan langsung kepada masyarakat. Oleh sebab itu, dibutuhkan suatu sistem pengolahan informasi agar dapat menghasilkan suatu bentuk informasi yang dapat dipertanggung jawabkan.
Salah satu informasi yang penting adalah informasi keuangan. Informasi keuangan yang diolah dalam proses akuntansi sangat menentukan kelangsungan hidup perusahaan, karena informasi yang dihasilkan akan berdampak secara langsung terhadap perusahaan. Salah satu sistem informasi pengolahan data akuntansi yang digunakan adalah General Ledger.
Sistem informasi General Ledger merupakan suatu program aplikasi yang dipergunakan oleh pihak perusahaan untuk melakukan berbagai macam pengolahan data-data keuangan perusahaan. Agar dapat menghasilkan suatu bentuk informasi yang berkualitas, maka dibutuhkan suatu pengenalan dasar dan pengetahuan yang mendalam untuk penggunaan General Ledger ini, mulai dari login awal program hingga menghasilkan laporan keuangan. Pengenalan cara penggunaan program aplikasi ini diharapkan mampu menjadi panduan khusus yang bermanfaat bagi pengguna program aplikasi General Ledger ini.

Negara ini semakin berkembang dengan segala pengetahuan dan teknologi yang membawa bangsa ini menghadapi berbagai permasalahan yang kompleks, mau tidak mau harus dihadapi secara khusus dalam aspek perekonomian yang tidak menentu. Oleh karena itu, sudah saatnya generasi muda memiliki peranan baru sebagai alat bagi bangsa untuk berpikir kritis dalam menghadapi dan memecahkan permasalahan yang dihadapi bangsa ini.
Perkembangan dan perubahan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang sangat tampak adalah mulai berlakunya peraturan perundang-undangan yang baru tentang otonomi daerah. Oleh sebab itu, pemerintah dengan berbagai cara untuk memajukan kesejahteraan rakyat dengan bekerja keras dengan meningkatkan mutu pendidikan. Melalui pendidikan diharapkan mampu melahirkan generasi bangsa yang lebih dapat diandalkan dan kelak dapat menciptakan serta mewujudkan rakyat yang makmur dan sejahtera.
Dalam memberikan dasar-dasar pengetahuan, keahlian bertahan hidup dan pengalaman pendidikan yang membangun bangsa, Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) bertujuan untuk dapat membantu pemerintah dalam mencerdaskan bangsa demi tercapainya generasi yang siap dipakai.
Dunia pendidikan terkadang tidak sesuai dengan dunia usaha atau kerja. Teori-teori yang diperoleh dari dunia pendidikan terkadang tidak dapat diterapkan didalam dunia kerja, untuk inilah diadakan Praktik Kerja guna melihat secara langsung permasalahan yang mungkin timbul dilapangan serta berupaya menerapkan teori yang diperoleh dalam pendidikan sebagai langkah penyelesaian.

sumbernya : http://pondokskripsi.wordpress.com/2010/01/08/sistem-informasi-general-ledger-untuk-koperasi-produk-pt-pln-persero-proyek-induk-pembangkit-dan-jaringan-sumut-aceh-riau/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: