HUBUNGAN MAHASISWA DAN NASIONALISME

HUBUNGAN MAHASISWA DAN NASIONALISME

Pancasila sebagai dasar filsafat ngara, pandangan hidup bangasa dan Negara ,bukanlah hanya rangkaian kata-kata  yang indah namun harus di wujudkan dan diaktualisasikan dalam berbagai bidang dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Kita sebagai mahasiswa yang berfikir nasionalisme  harus bisa :

1 berfikir kritis, kritis dalam arti setiap mahasiswa senantiasa mengembangka asa ingin tahu untuk ke depn selanjutnya di upayakan dengan jawban dan pemecahan masalah.

2. kreatif setiap mahasiswa  mengembangkan sikap inovatif, beupaya untuk menemukan sesuatu yang baru yang bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa indoesia

3. objektif kegiatan yang di lakukan mahasiswa benar-benar untuk kepentingan bangsa Indonesia dan masyarakat bukan karena uang,kekuasaan, atau ambisi pribadi

4. analistis yang berarti suatu kegiatan mahasiswa harus di lakukan dengan suatu metode ilmiah yang merupakan syarat  suatu kebenaran ilmiah.

5. konstruktif yang berarti suatu kegiatan ilmiah mahasiswa  merupakan budaya akademik yang harus benar-benar mampu mewujudkan karya baru dan bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa

6.dinamis yang berarti ciri ilmiah mahasiswa sebagi budaya akademik tersebut senantiasa di kembangkan terus-menerus.

7. dialogis artinya dalam proses  transformasi ilmu pengetahuan mahasiswa dalam masyarakat akademik harus memberikan ruang pada mahasiswa lain untuk mengembangkan diri, melakukan kritik serta mendiskusikanya.

8. menerima kritik dalam arti sebagai mahasiswa suatu konsenkuensi suasana dialogis, yaitu setiap mahasiswa insane akademik harus senantiasa bersifat terbuka terhadap kritik.

.9. menghargai prestasi sebagai mahasiswa yang befikir nasionalisme  harus menghargai prestasi mahasiswa yang lai dalam akademik

10. bebas dari prasangka mahasiswa harus bias mengembangkan moralitas ilmiah yaitu berdasarkan kebenaran pada suatu kebenaran ilmiah.

11. menhargai waktu dalam arti mahasiswa yang intelektual senantiasa memanfaatkan waktu seefektif dan seefesien mungkin.

12.berorientasi ke depan artina suatu mahasiswa  harus mampu untuk mengantisipasi kegiatan yang akan di pertanggung jawabkan di masa depan dengan suatu perhitungan yang cermat,realistis, dan rasional untuk masyarakat an bangsa

13. kesenjawaan dalam arti mahasiswa haru memiliki rasa persaudaraan yang kuat terhadap mahasiswa maupun masyarakat sekitar untuk mewujudkan suatu kerja sama yang baik untuk kepentingan bangsa dan Negara Republik Indonesia

Dan jangan lupa kita juga harus menanamkan jiwa pancasila yang menjadi dasar Negara republic Indonesia:

  1. Ketuhanan yang Maha Esa, yang ber-Kemanusiaan yang adil dan beradab, yang ber-Persatuan Indonesia, yang ber-Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan, serta ber-Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab, yang ber-Ketuhanan yang mahaesa, yang ber-Persatuan Indonesia, yang ber-Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan, dan ber-Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
  3. Persatuan Indonesia, yang ber-Ketuhanan yang mahaesa, yang ber-Kemanusiaan yang adil dan beradab, ber-Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan, dan ber-Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan, yang ber-Ketuhanan yang mahaesa, yang ber-Kemanusiaan yang adil dan beradab, yang ber-Persatuan Indonesia, dan ber-Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, yang ber-Ketuhanan yang mahaesa, yang ber-Kemanusiaan yang adil dan beradab, yang ber-Persatuan Indonesia, dan ber-Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: